NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA PANCA TANTRA

Sukasari Made Ni

Sari


ABSTRAK

Panca tantra berarti lima ajaran yang merupakan naskah klasik India yang dikenal luas di seluruh dunia sebagai “Nitisastra”, yaitu sastra penuntun kebijaksanaan hidup. Di dalam Panca Tantra terdapat banyak ajaran kebaikan yang patut diteladani sehingga sangat memungkinkan untuk digunakan di dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, peneliti ingin mencari tahu nilai-nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam cerita Panca Tantra dan juga ingin mengetahui apakah makna dari cerita Panca Tantra dapat meningkatkan kualitas budhi pekerti pada anak didik.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan beberapa metode yaitu observasi, pencatatan dokumen dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data dipergunakan metode deskriptif.

Berdasarkan dari hasil analisis data, di dalam cerita Panca Tantra terkandung Nilai Tattva, Nilai Etika dan Nilai Yajna. Nilai Tattva meliputi tiga cara dalam memperoleh pengetahuan yaitu melalui Agama Pramana, Anumana Pramana, dan Pratyaksa Pramana. Nilai Etika meliputi tentang persahabatan, tingkah laku yang baik mendengarkan nasehat dari guru dan orang tua. Sedangkan Nilai Yajna mengajarkan anak untuk selalu peduli kepada orang lain.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah diharapkan anak didik dapat mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita Panca Tantra dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai saran dalam rangka menanamkan nilai-nilai luhur yang disampaikan dalam cerita Panca Tantra, perlu dilakukan sosialisasi melalui media cetak, sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan formal maupun informal atau dengan mengadakan lomba cerita fabel.

 

Kata kunci : Panca Tantra, pendidikan, tattva, etika, yajna

 

ABSTRACT

 

Panca Tantra means five tantric teachings which is the classic Indian text known worldwide as "Nitisastra", that is wisdom guiding literary life. In the Panca Tantra there is a good teaching model, allowing for use in teaching and learning.  Therefore, researchers wanted to know what educational values embodied in the story Panca Tantra and also wanted to know whether the meanings of the story Panca Tantra budhi can improve the quality of character in students.

In this study, researchers used a model with a qualitative approach and uses several methods of observation, recording of documents and interviews. While the data used to analyze the descriptive method.

Based on the results of data analysis, the Panca Tantra story contained Tattva Value, Ethics Value and Yajna Value. Tattva Value includes three ways of gaining knowledge is through Agama Pramana, Anumana Pramana, and Pratyaksa Pramana. Ethics includes the value of friendship, good manners to listen to suggestions from teachers and parents. While the value of Yajna teach children to always care for others.

The conclusion of this study is expected that students apply the values of education contained in the Panca Tantra stories in everyday life. By way of suggestion in order to inculcate noble values transmitted in Panca Tantra, socialization must be made through print media, schools and educational institutions, both formal and informal, or through the holding of a contest of short stories.

Keyword : Panca Tantra, education, tattva, etika, yajna

Kata Kunci


panca tantra; pendidikan; tattva; etika; yajna

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Bertens, K. 2007. Etika: seri filsafat atmajaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Chandiramani, G.L. 2001. Panca Tantra 1 dan 2. Jakarta: Dian Rakyat.

Darmayasa, 1995. Canakya Nitisastra. Surabaya: Paramita.

Darmodiharjo, 1993. Santiaji Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Kajeng, I Nyoman dkk. 1994. Sarasamuccaya: dengan teks bahasa Sanskerta dan Jawa Kuno. Surabaya: Paramita.

Puja, Gde dan Sudharta, Tjok Rai. 2002. Manawa Dharmasastra: weda smrti. Jakarta: CV. Felita Nursatama Lestari.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: CV. ALFABETA.

Srimad, 2003. Bhagavadgita, dalam bahasa Sanskerta, Inggris, Indonesia. Surabaya: Paramita.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun, 2005. Buku Pendidikan Agama Hindu untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Hanuman Sakti.

Titib, I Made, 2003. Menumbuhkembangkan Pendidikan Buddhi Pekerti Pada Anak. Jakarta: Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat.

Maryati, Rudi dan Agam. Manfaat Dongeng untuk Anak. http://www.dongengkakrico.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Pasupati is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.