PENGARUH KEPEMIMPINAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU SISWA KELAS X PASRAMAN TIRTA BHUANA BEKASI

Ni Made Niti Widya Utami, Ketut Budiawan, I Ketut Ulianta

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kepemimpinan Diri Siswa, Gambaran Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa, dan Pengaruh antara Kepemimpinan Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas X di Pasraman Tirta Bhuana Bekasi. Penelitian ini didasari dari permasalahan bahwa diduga kepemimpinan diri berkaitan dengan hasil belajar pendidikan agama Hindu siswa. Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan studi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 yang diambil secara keseluruhan (sampel jenuh) pada siswa kelas X Pasraman Tirta Bhuana Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan diri dengan hasil belajar pendidikan agama Hindu yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi (r) sebesar 0.627 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai t_hitung 2.583 > t_tabel = 1.701. Jadi kepemimpinan diri dengan hasil belajar pendidikan agama Hindu siswa berpengaruh secara positif dan signifikan.


Kata Kunci


Kepemimpinan Diri, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Hindu, Kuantitatif, Pengaruh

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.37428/pspt.v8i1.193

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Pasupati is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.