IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA DALAM MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA HINDU DI ERA DIGITAL

ayu veronika

Sari


Menghadapi era digital seperti saat ini selain membutuhkan kesiapan berupa infrastruktur serta sarana dan prasarana, dibutuhkan juga kesiapan karakter untuk menghadapi berbagai macam perubahan dan tantangan yang menyertai perkembangannya karena era digital ini akan membuka sekat-sekat antara kebudayaan yang memungkinkan berbagai jenis kebudayaan untuk masuk ke tengah-tengah kehidupan masyarakat yang mungkin salah satunya akan sangat bertentangan dengan agama, adat serta budaya ketimuran yang menjadi pondasi dasar dari kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan penguatan etika khususnya bagi generasi muda Hindu untuk mencegah dampak-dampak negatif dari era digital. Salah satunya yaitu dengan mengetahui, mempercayai dan mengimplementasikan ajaran Tri Kaya Parisudha.

Tri Kaya Parisudha merupakan bagian dari ajaran Susila dalam Tri Kerangka Dasar agama Hindu, yang terdiri dari 3 (tiga) bagian, yakni berfikir yang baik yang disebut dengan Manacika Parisudha, (2) berkata yang baik yang disebut dengan Wacika Parisudha, dan (3) berprilaku yang baik atau yang disebut dengan Kayika Parisudha. Penerapan ajaran Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan sehari-hari sangat relevan untuk membentuk generasi muda Hindu yang baik, serta menjauhkan diri generasi muda Hindu dari hal-hal negatif yang merupakan dampak dari perkembangan era digital seperti saat ini.


Kata Kunci


Implementasi; Tri Kaya Parisudha; Generasi Muda Hindu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryadharma, Ni Kadek Surpi. 2005. Melahirkan Generasi Berkarakter Dewata Kiat Sukses Siswa Menurut Hindu. Denpasar: Pustaka Bali Post.

Bertens, K. 2013. Etika, Yogyakarta: PT Kanisius.

Darmayasa. 2013, Bhagavad Gita Nyanyian Tuhan, Denpasar: Yayasan Dharma Sthapanam.

Kadjeng, I Nyoman, DKK. 1997, Sarasamuccaya, Surabaya: Paramita.

Pandit, Bansi. 2003, Pemikiran Hindu. Surabaya: Paramita.

Śivānanda, Śrī Svāmī, 2005. Pikiran Misteri dan Penaklukannya, Surabaya: Paramita.

Sudharta, Tjok Rai. 2003, Slokāntara, Surabaya: Paramita.

Suhardana, K.M. 2007, Tri Kaya Parisuda Bahan Kajian untuk Berpikir Baik, Berkata Baik dan Berbuat Baik, Surabaya : Paramita.

Yudiantara, I Putu. 2016, Sakti Sidhi Ngucap Eksplorasi & Aplikasi Ilmu Leak Kanda Pat & Dasa Aksara Untuk Orang Modern. Denpasar: Bali Wisdom.

Jurnal

Arwati, Ni Made. 2017. Pendidikan Nilai Etika Dalam Teks Lontar Tri Kaya Parisudha Rsi Sesana dan Kitab Suci Sarasamuccaya. Widyacarya, I (1) : 94-103.

Kusuma, I Made Wirahadi. 2017. Penerapan Ajaran Trikaya Parisudha Melalui Pendekatan Humanistik. Maha Widya Duta, I (1) : 98-106).

Buku terjemahan

Bose, A.C. 1954. Panggilan Veda. Terjemahan oleh I Wayan Maswinara. 2000. Surabaya: Paramita.

Davies, Paul. 1993. Membaca Pikiran Tuhan Dasar-Dasar Ilmiah dalam Dunia yang Rasional. Terjemahan oleh Hamzah. 2012. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Internet

Gulo, Yupiter, 2019, Pilihlah “Mindset” Berkembang, Sebab “What You Think, You Become”, (Online), https://www.kompasiana.com, diakses pada tanggal 18 Mei 2019.

Kompas.com. 20 Pebruari, 2019. 2 Poin Utama agar Bertahan di Era Industri 4.0, diakses pada tanggal 19 Mei 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Pasupati is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.