Jurnal PASUPATI

Jurnal Pasupati membahas kajian Hindu dan Humaniora, Komunikasi Hindu, Budaya, dan Pendidikan Hindu. Pasupati telah terbit sejak tahun 2012 dalam edisi cetak, dan mulai 2016 terbit dalam edisi online menggunakan Open Journal Systems.

Pasupati terbit setiap 6 bulan sekali Bulan Juni dan Desember setiap tahunnya dengan rata-rata 10 artikel setiap tahunnya.

Informasi

 

Informasi Penting

 

Diberitahukan kepada para penulis jurnal bahwa file yang di unggah dalam format microsoft word .docx, doc, rtf.

Diteliti pula apakah lampiran tersebut sudah disertakan dalam unggahan naskah saudara

Demikian informasi semoga bermanfaat

 
Dikirimkan: 2018-11-25 Lebih Lanjut...
 

Batas Waktu Penerimaan Artikel Jurnal Pasupati

 
Pengumuman Batas Waktu Penerimaan Artikel Jurnal  
Dikirimkan: 2016-11-29 Lebih Lanjut...
 
Lebih banyak informasi...

Vol 6, No 2 (2019): Upaya Pendidikan Dalam Penguatan SDM Hindu

Editorial

Permasalahan mutu sumberdaya manusia di negara kita umumnya dan khususnya di kalangan umat Hindu masih membutuhkan upaya-upaya peningkatan kompetensi baik pada ranah pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Pendidikan menurut Weda untuk menjadikan manusia-manusia “manawa” meningkat kualitas hidup dan kehidupannya menjadi umat manusia yang memiliki kelembutan, kasih sayang dan kearifan atau memiliki kebijaksanaan yang tinggi, tidak sebaliknya menjadi “danawa” yakni manusia-manusia dengan karakter raksasa, rakus, dengki, dan berbagai sifat buruk lainnya.

Pendidikan karakter, moralitas, kejujuran, kasih sayang, penghargaan kepada sesama, saling hormat menghormati, menjadi hal yang sangat penting dan relevan untuk digalakkan untuk mengantisipasi pengaruh negatif perkembangan teknologi dan globalisasi pada budaya dan kehidupan kita. Upaya-upaya pendidikan yang bersumber kepada ajaran-ajaran Weda sangat dibutuhkan untuk mendidik generasi agar memiliki sifat-sifat manawa, memiliki wawasan kehidupan berlandaskan Dharma,  fokus mempelajari nilai-nilai universal bagi kemanusiaan, Dharma agama dan Dharma negara. Menggaungkan ajaran Bhagawad Gita, ajaran Tatwam Asi, Tri Hita Karana, Catur Asrama, Catur Purusaartha maupun Panca Sradha dapat menjadi paket ajaran yang dapat membawa manusia agar memiliki kebijaksanaan yang tinggi dan terhindar dari sifat mementingkan diri sendiri. Pendidikan dan pembelajaran demikian hendaknya didukung dengan berbagai media yang relevan dengan perkembangan kekinian sehingga sesuai dengan generasi mendatang.

Jurnal Pasupati Vol. 6 No. 2 memuat Upanisad Perspektif Pendidikan Modern, Reinterpretasi Konsep Dharma Yudha dalam Konteks Modernisasi, Makna Simbol-simbol Uparengga serta terdapat pula artikel yang berupaya untuk mengetahui pengaruh media Bhagawad Gita bergambar dalam meningkatkan pemahaman ajaran Hindu. Upaya untuk mencari jalan yang memudahkan generasi kita dalam mempelajari dan memahami ajaran agama yang menggunakan cara pandang teknologi pendidikan untuk memudahkan manusia belajar.

Semoga setiap artikel dalam jurnal ini mampu memberikan inspirasi dan memperkaya wawasan kita terhadap sastra dan ajaran Hindu yang tidak hanya kaya secara kuantitas namun juga sarat dengan makna filosofis dan pendidikan yang sangat dibutuhkan sebagai siraman rohani untuk mencapai kesempurnaan jiwa dan kesehatan jasmani.

Publikasi ini juga bertujuan untuk sosialisasi hasil-hasil penelitian oleh insan perguruan tinggi yang diterbitkan dalam bentuk cetak dan juga tersedia secara online melalui open journal system (ojs) yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat di manapun berada, untuk memaksimalkan pemanfaatan hasil penelitian agar memiliki dampak dan bernilai guna bagi pembangunan masyarakat secara luas.

Editor

Daftar Isi

Ida bagus Putu eka Suadnyana, Krisna Sukma Yogiswari
PDF
88-99
ketut angga irawan
PDF
100-116
I Ketut ulianta, Ketut Angga Irawan
PDF
117-146
Ni Nyoman Sudiani
PDF
147-176